Senin, 26 Maret 2012

Kamus Ngapak Dot Com

Pengen ngepost ngapak ah, . mumpung ada inspirasi, . soalnya di ruangan pada rame soalnya ada anak magang yang dari Tegal, . ngomongnya ngapak banget, . yuk cin, . capcus lah, .

Dudu = Bukan
Misal : “Dudu kue masalahe” -> Bukan itu masalahnya.

Jukut = Ambil
Misal : “Jukut ndisit kue panganane” -> Ambil dulu itu makanannya.

Mbokan = Barangkali
Misal : “Aja peplayon mbokan tiba” -> Jangan lari-larian barangkali jatuh.

Angel = Susah
Misal : “Kue bocah diomongi angel nemen” -> Itu anak dinasehati susah banget

Weruh = Lihat
Misal : “Aku weruh lintang wengi kie” -> Aku lihat bintang malam ini

Gawe = Buat/ Bikin
Misal : “Aja gawe rusuh lhen” -> Jangan bikin rusuh deh.

Mlebu = Masuk
Misal : “Aku ora mlebu kuliah wingi” -> Aku tidak masuk kuliah kemarin

Metu = Keluar
Misal : “Aku metu sing kelas luwih cepet” -> Aku keluar dari kelas lebih cepat

Nemen = Sekali/Banget
Misal : “Kue bocah diomongi angel nemen” -> Itu anak dinasehati susah banget

Durung = Belum
Misal : “Aku durung mangan” -> Saya belum makan

Dina = Hari
Misal : “Dina kie dina rebo” -> Hari ini hari rabu.

Mengko = Nanti
Misal : “Mengko ya..” -> Nanti ya..

Bengi = Malam
Misal : “Saiki wis bengi, gagian turu” -> Sekarang sudah malam, lekas tidur.

Gagian = Cepetan/ Buruan
Misal : “Saiki wis bengi, gagian turu” -> Sekarang sudah malam, lekas tidur.

Awan = Siang
Misal : “Saiki wis awan, hoi tangi!” -> Sekarang sudah siang, hoi bangun..!

Tangi = Bangun
Misal : “Saiki wis awan, hoi tangi!” -> Sekarang sudah siang, hoi bangun..!

Wagu = Aneh
Misal : “Wong kae aneh nemen” -> Orang itu aneh banget.

Liyane = Lainnya/ Yang lain
Misal : “Langka panganan liyane ya..?” -> Nggak ada makanan yang lain ya..?

Sawise = Setelah
Misal : “Sawise mangan biasane dadi ngantuk” -> Setelah makan biasanya jadi
mengantuk.

Sadurunge = Sebelum
Misal : “Sedurunge sholat wajib wudhu disit” -> Sebelum sholat wajib wudhu dulu.

Wingi = Kemarin
Misal : “Wingi aku liburan maring Guci” -> Kemarin aku berlibur ke Guci

Edan = Gila
Misal : “Dasar wong edan..!” -> Dasar orang gila..!

Karo = Dengan/ Barsama
Misal : “Aku lunga maring Gramedia karo kanca” -> Aku pergi ke Gramedia bersama teman

Ning = Di
Misal : “Aku ning Depok” -> Aku di Depok

Maring = Ke
Misal : “Aku lunga maring Gramedia karo kanca” -> Aku pergi ke Gramedia bersama teman

Arep = Mau/Akan
Misal : “Aku arep mangan” -> Aku mau makan

*Ngko dilanjut maning ya…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar