Senin, 26 Maret 2012

Ternyata iPad dan iPhone Diproduksi Secara Manual

Dua gadget canggih Apple ternyata masih diproduksi secara manual. Dilaporkan melalui tayangan berdurasi 30 menit dari wartawan ABC bernama Bill Weir yang meliput secara khusus produksi gadget Apple, dimana peran robot tak begitu banyak saat proses perakitan.

Contohnya saja iPad dirakit dengan 325 langkah produksi yang menggunakan tangan pekerja secara langsung. Sedangkan pada iPhone, tangan pekerja dibutuhkan dalam 141 langkah produksi.

Proses produksi gadget Apple yang fenomenal ini ternyata cukup mengejutkan bahwa di era modern seperti sekarang, proses perakitan hampir 100 persen menggunakan tangan manusia dibanding menggunakan mesin. Mungkinkah ini yang membuat gadget Apple memiliki harga yang lumayan mahal?

Berawal dari pemberitaan tak sedap mengenai eksploitasi buruh di pabrik Foxconn (pabrik di China yang memproduksi gadget-gadget besutan Apple, Microsoft, Dell, IBM, HP dan Intell), Apple mengumumkan bahwa pihaknya akan melakukan audit dan inspeksi terhadap pabrik Foxconn.

Inspeksi yang sudah dimulai pada pertengahan Februari 2012 ini dilakukan oleh sebuah organisasi yang bernama FLA (Fair Labor Association).
Pihak Apple sendiri sudah mengajukan tuntutan untuk menaikkan gaji para pekerja di Foxconn dan berjanji akan disambut oleh pihak eksekutif Foxconn.

Sekedar catatan, para buruh di Foxconn digaji Rp 16.000 per jam dan bekerja selama 10 jam per hari. Para buruh juga diharuskan membayar uang sewa kamar asrama sebesar Rp 160.000 per bulan dan uang makan Ro 6.500 setiap makan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar